Diposting oleh the naza | 22.54

Artikel

Kentang para petani Irlandia
Di jaman dulu, para imigran Irlandia di Amerika mengembangkan teori cara paling efektif menanam dan memanen kentang. Ketika musim panen tiba, kentang-kentang besar disisihkan untuk dimakan atau dijual, sementara kentang-kentang kecil yang lebih kecil ditanam kembali untuk musim panen berikutnya. Dengan demikian bisa dipastikan mereka akan mendapatkan bagian terbaik terlebih dahulu. Setidaknya itu yang mereka harapkan.

Betul demikian?

Ternyata pada panen berikutnya, ukuran kentang yang dipanen menjadi lebih kecil. Apa yang mereka tanam (kentang yang lebih kecil), itulah yang mereka dapatkan (kentang yang lebih kecil juga). Tetapi praktek tersebut terus dilanjutkan sehingga akhirnya mereka memanen kentang seukuran kelereng. Barulah mereka menghentikan praktek tersebut.

Para petani Irlandia tersebut sudah kapok. Tetapi praktek sejenis masih berlangsung sampai saat ini, termasuk di Indonesia, walau bukan dalam bentuk kentang yang ditanam. Coba tanyakan diri kita masing-masing: Apa yang kita tanam saat ini? Bakat kita? Reputasi kita? Disiplin diri? Kerja keras? Waktu yang dihabiskan untuk keluarga Anda?

Apa pun yang kita tanam saat ini, hasilnya akan selalu sebanding. Bila Anda menginginkan hasil yang besar, tanamlah bibit yang besar terlebih dahulu.

2 komentar
  1. NASIONAL COMMUNITY 18 Oktober 2009 pukul 23.17  

    blgo nya cukup bagus tolong teman2 kamu di suruh lhat kemudian suruh memberikan komentara>>>>!

  2. NASIONAL COMMUNITY 18 Oktober 2009 pukul 23.18  

    oh...ya blog tambahi foto pribadi biar tambah PD....